Pengalaman Sakit Mata Ikan / Flavus

 Ini kejadian dulu banget pas kuliah tingkat 4 di IPB. wkwkkwkw


Kali ini aku ga mau nulis catetan dulu wkwkwk. Mau nulis pengalaman aku kemarin tentang flavus. Flavus itu apa sih? Yaaa.. flavus itu mata ikan. Kalo kalian yg baru denger istilah mataikan, mata ikan itu suatu penebalan pada daerah telapak kaki atau telapak tangan kalian. PEnebalan itu bakal bikin kalian tidak nyaman ketika berjalan (intinya ketika penebalan tersebut menumpu beban tubuh kalian), tapi kalo kalian pencet sendiri pake tangan tidak begitu sakit. Warna bagian yang menebal itu lebih bening dari pada kulit telapak kaki kalain, bentuknya bulat dan semakin lama akan semakin membesar. Dan pastinya akan semakin sakit. 

Dan setelah 5 bulan berlalu, mata ikanku semakin besar (awalnya cuma satu titik kecil, sekarang udah gede kira2 3 mm diameternya). Akhirnya aku sok ngide untuk congkel-congkel sendiri pake gunting dan pisau steril sampai berdarah. Karena emang jaringan yang rusak tadi, yg menebal tadi, harus dihilangkan biar jaringan sehat mau tumbuh di tmpt tsbt. Terus aku kira udah sembuh kan, dan lukanya kemudian nutup sendiri. Ngga taunya malah tetep sakit dan sepertinya mata ikanya semakin besar -_-. 
Terus aku pergilah ke apotik. Sama mba di apotik di kasih obat namanya 'Kalusol'. Aku baca cara kerjanya obat ini. Jadi kalusolnya akan bekerja sebagai keratolitik (kalo salah ya maap). Terus aku olesin setiap malem selama 3-5 hari berturut-turut. Alhasil kulit diatas mata ikan dan disekitar mata ikan ku tiba-tiba mengering seperti akan mengelupas. Seneng kan, terus aku biarin kulitnya ngelupas sambil aku bersihin dalem-dalemnya itu yg kaya sumur kedalam (mata ikan nya, kalo kalian pernah pasti tau lah). Oke aku kira udah cukup bersihinya. Setelah kulitnya nutup lagi, nggak taunya mata ikanya numbuh lagi -_-. Capek ga tuh. Apa kurang dalem ya bersihinya. Akhirnya aku kasih lagi kalusol, dan fasenya begitu lagi, begitu lagi. 

Akhirnya, setelah lelah dengan diobatin sendiri. Aku pergi ke dokter umum. Sama dokternya langsung dioperasi kecil gitu, disayat dan dikeluarin jaringan yang menebal tadi. Tentunya pake anastesi. Tapi sakit banget pas disuntik anastesinya. Bener-bener sakit sampe hampir ke kuku sakitnya (karena posisi mata ikan ku di jempol kaki). Terus kebas rasanya. SEtelah dikeluarin, kaki ku dijahit sma dokternya. Sejam setelah pemberian anaestesi, baru terasa cenut-cenut aduhai nyaaaaa. Rasanya ngga cuma dilubang sayatanya aja, tapi ke seluruh jempol kaki termasuk telapak kaki yg deket jempol. Omaygod, ga mau ngulangin hal ini lagi. Sama dokternya dikasih obat antibiotik dan analgesik biar ga sakit. Tapi pas aku minum masih ttp sakit sampe hari ke 2 post operasi. 

Sekarang lukanya sudah mulai sembuh. Pesan yg bisa dipetik dari tragedi ini adalah.....
Jaga kebersihan, karena mata ikan berawal dari virus. Kalo habis keluar rumah wajib banget buat cuci kaki. Terus kalo kalian punya mata ikan dan masih kuecil banget, blm dalem.. sepertinya masih bisa pake calusol. Jangan mencoba mencongkel-congkel mata ikan kalian sendiri (kaya aku), kecuali kalian mampu menjamin kebersihan alat yang kalian gunakan, biar ga infeksi. Dan yang terakhir,, emang mata ikan harus langsung dicongkel sama dokter, biar ga trial eror gitu kalo kita congkel sendiri. Karena dokter akan lebih dalem mencongkelnya pastinya, terus sembuh deh. 

Posting Komentar

0 Komentar