Pengalaman Operasi Ingrown Toe Nail/ Cantengan

      Halo guys apa kabar semuanya. Assalamualaikum WR WB. Malam ini aku habis bersih-bersih foto lama aku di hape aku yang Luna. Soalnya sayang kalo rusak, itu hape kan dari jaman perjuangan kuliah biar bisa jadi dokter hewan. 😁😁😁

    Jadi ceritanya bersih-bersih memory hape biar gak lemot kan. Schroll-schroll terus nemu foto pas kaki aku cantengan. Aku cantengan guyssss 😭😭😭

wkwkkw. yaampun kalian geleuh ga sih sebagai perempuan aku cantengan wkwkw/ Tapi guys. kalian tau ga sih cantengan itu nggak cuman karena sela-sela kuku kotor terus infeksi. Tapi karena KETURUNAN guys. Aku pun baru ngeh pas dewasa ini. Karena bapaku cantengan dan postur kaki ku itu mirip punya bapaku jadi aku ikutan cantengan (semoga anak ku besok jangan ikut cantengan ya dek, amin). Jadi ini tuh murni morfologi bentuk kuku kaki aku yang semakin melebar dan tumbuh ke dalam daging jadi begini lah. 

(ini aku inget, pas baru aja pulang dari bandara. liat kan bengkaknya itu nggak cuman di ujung jari tapi sampe ke pankal)
    Awalnya aku kira tuh karena aku pake sepatu flatshoes kekecilan pas kuliah (sayang banget kan udah beli tapi ga dipake, mana dulu itu ngirit banget jadi aku tetep pake sepatunya karena ga ada sepatu yang lain). Tapi semasa kuliah gapapa tuh jempol kaki. Terus pas jaman kerja di Jakarta nih, aku suka pake sepatu wedges atau heels kalo pas kondangan. Sering tuh aku pake sepatu hak buat jalan di stasiun bayangin wkwkwk. Capek nya kayak apa, belum rame nya dan ngejar keretanya. Jadi harus jalan cepet pake heels itu lumayan yah ternyata. 

    Klimaksnya itu kayaknya karena aku beli sepatu wedges wakai. Waktu itu lagi diskon, kek sayang banget kalo nggak beli (dasar cewek) tapi sebenernya nggak begitu nyaman, tapi aku kekeuh bgt mau beli karena sepatunya cantik. Besoknya aku tuh jemput ayang ke bandara  (eh dikasih cincin sama ayang di bandara kiewkiew hihi). Kebayang banget luasnya bandara terus aku harus jalan pake wedges yang agak sempit dan ga nyaman, Alhasil besok nya kok jempol kaki aku tepinya bengkak ya. Terus aku dah berusaha banget buat motong kukunya yg nancep dan kasih betadin. Tapi kok ga sembuh. malah sakit nya itu makin ke pangkal. Pusing bgt.

    Berbagai macam cara aku pakai, dari yang aku kasih betadin, aku kasih salep anti radang dan antibiotik, itu nggak sembuh. Aku tetesin youngliving bahkan. (ngurangin rasa sakitnya doang). Malah makin lama kok kayak ada semacam daging/ kulit yang tumbuh. Terus aku konsul halo doc, beliau nyaranin ke dokter kulit. Lalu sampai aku ke dokter di Mitra Keluarga. Mahal banget anjir pingin misuh wkwkwk. Biaya berobat 1,5 juta wkwkw. Terus dikasih ab sama dokternya itu ab buat orang covid. Gila gasi wkwkwk. Dan itu perut aku sakit banget efeknya. Dan itu ga sembuh. Beliau nyaranin buat kasih salep gitu ke cantenganya dan di blebet jempolnya yang kenceng biar daging yg tumbuh itu mati. Tapi ga mati2. Sampai aku tetesin obat mata ikan, biar dagingnya kering. Dan alhasil kering bagian yg tumbuh tapi dia masih tumbuh terus. Aku sampe nangis dong saking gatau lagi mau diapain kok ga sembuh-sembuh.

(ini pas parah2nya dan aku sampe gatahan)

    Akhirnya dengan segala keberanian ku aku balik lagi ke Mitra Keluarga langsung ke dokter bedah. Kemudian beliau nyaranin harus dioprasi gitu karena gamungkin lagi cara lain. Dan aku beranikan diri langsung hari itu juga dioprasi. RAsanya kayak di entup tawon pas di suntik anastesi wkwkwk. Operasinya bentar doang. paling 30 - 40 menit kali ya. Terus habis itu aku bayar ke kasir dan pulang. Total aku operasi 4 juta coyyyyy wkwkwkwk. RS Swasta di JKT MAHAL BANGET. Disitu aku menangis ternyata hidup dijakarta semencikan itu yaaa. Mana gajikan FG dapet 5 juta (menurutku itu kurang sih, tp disyukuri aja). Alhamdulillahnya punya asuransi REliance dari perusaahaan dan di reumberuse full sampai kontrol ke dokter 1 bulan post operasi.  Alhamdulillah. Dan aku inget banget waktu itu aku harus pakai duit aku dulu buat bayar wkwkkw. alhamdulillah pas dapet bonus tahunan dan bisa dipakai buat berobat jempol huhuhu. Disitu aku bersyukur bangettt dan merasakan betapa pentingnya asuransi kesehatan.

Oh iya fyi aku sebenernya pengen operasi pakai BPJS tapi ternyata operasi cantengan pakai BPJS nggak bisa karena bukan termasuk penyakit yg penting/parah gitu lah guys. Alhamdulillah waktu itu masih punya Reliance. 

(masih sempet foto karena bisa relex gitu lho pas operasi)

(pemandangan wisma altet dari balik ruang operasi wkwk)

(selesai di operasi)

Jadi operasinya itu nggak nyabut seluruh kuku, tapi cuma dipotong aja bagian yang nancep kata dokternya. Itu biar nggak ada resiko cantengan lagi

(habis dioperasi terus antri ambil obat sendirian wkwk)

(seminggu post operasi, disuruh ganti perban doang. Jadi dicabut tali jaitanya h+2 minggu post op)

Gitu guys cerita cantengan aku di kaki kiri. Sekarang jempol kaki kanan aku agak sakit. kayaknya emang gantian ya cantengan itu huhuhuh. Semoga baik-baik aja. Amin.

Posting Komentar

0 Komentar